Catat! Daftar Minuman dan Makanan Sehat yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Catat! Daftar Minuman dan Makanan Sehat yang Bisa Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Kamu sering merasa kurang nyenyak dan terbangun saat tidur malam? Jangan khawatir, dengan menerapkan pola hidup dan mengonsumsi makanan sehat, kualitas tidur bisa diperbaiki dan lebih nyenyak.

Kualitas tidur sendiri dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk asupan nutrisi. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa nutrisi tertentu seperti vitamin B, magnesium, folat, asam amino, antioksidan, protein, dan triptofan, terbukti berperan dalam menentukan kualitas tidur.

Sebab, asupan nutrisi berfungsi dalam pengaturan zat kimia otak yang berperan sebagai pengontrol jam dan kualitas tidur, seperti serotonin dan melatonin. Itulah mengapa makanan dan minuman tertentu dapat membantu tidur kamu lebih nyenyak.

Menu Makan Sehat dan Minuman untuk Membantu Tidur Lebih Berkualitas

makanan sehat

Sumber foto: Google

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bagus dikonsumsi sebelum tidur, berikut beberapa di antaranya:

  • Nasi Putih
  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi nasi putih dalam porsi sedang, setidaknya satu jam sebelum tidur, dapat membantu mengatasi insomnia. Pasalnya, nasi putih mampu mendorong kinerja asam amino triptofan dan hormon melatonin yang berperan sebagai pengatur jam dan kualitas tidur.

    Agar manfaatnya lebih optimal, kamu bisa mengkombinasikan nasi putih dengan protein yang mengandung triptofan cukup tinggi, seperti daging ayam atau telur.

    Sebaliknya, kamu disarankan untuk membatasi konsumsi makanan maupun minuman manis atau yang memiliki kandungan indeks glikemik tinggi seperti permen, kue, mie, dan roti. Sebab, makanan tersebut malah membuat kamu lebih susah tidur.

  • Ikan
  • Ikan bermanfaat untuk memperbaiki kualitas tidur karena mengandung vitamin D, omega-3, dan protein. Beberapa jenis ikan yang dapat membantu tidur lebih nyenyak adalah tuna, salmon, tenggiri, dan tongkol.

    Jenis ikan berlemak ini disebut mampu meningkatkan produksi melatonin dan serotonin dalam tubuh, sehingga tidur bisa lebih nyenyak dan cepat.

  • Kacang-kacangan
  • Kacang-kacangan merupakan sumber protein, mineral, dan melatonin yang bagus untuk membantu tidur lebih berkualitas. Kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan makanan sehat bagi penderita insomnia untuk memperbaiki kualitas tidurnya.

    Jadi, kalau selama ini kamu sering merasa susah tidur, coba jadikan kacang-kacangan sebagai camilan sehat sebelum tidur. Selain membantu tidur lebih nyenyak, kacang juga bisa dijadikan sebagai snack sehat untuk mengurangi rasa lapar dan menjaga berat badan, lho.

  • Teh Chamomile
  • Minum teh chamomile sebelum tidur harus kamu coba. Teh herbal satu ini terkenal dengan kandungan antioksidan dan zat yang mampu mengurangi kecemasan serta mendorong kantuk.

  • Susu dan Olahannya
  • Susu, yoghurt, dan keju populer sebagai sumber triptofan yang bagus dikonsumsi untuk membantu tidur lebih nyenyak. Kamu bisa mencoba memadukan susu dengan sereal rendah gula. Pilihan menu makan sehat sebelum tidur lainnya yaitu yoghurt rendah lemak dengan irisan buah segar.

    Itulah beberapa pilihan makanan maupun minuman yang dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak.

    Tidur nyenyak bukan hanya penting dalam membangun produktivitas dan mood sepanjang hari, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Termasuk untuk mencegah penyakit kronis, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan otak. Jadi, pastikan kamu mendapatkan tidur yang berkualitas, minimal 7-9 jam setiap malam, ya.

    Selain mengonsumsi menu makan sehat di atas, kamu juga perlu menjalankan pola hidup sehat dan sleep hygiene, seperti rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, kelola stres, batasi konsumsi kafein dan alkohol, agar kualitas tidur meningkat.

    Kamu juga perlu membatasi konsumsi makanan berlemak dan pedas sebelum tidur. Karena makanan ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada ulu hati, khususnya bagi pemilik penyakit asam lambung atau maag.

    Itu dia informasi tentang makanan dan minuman yang dapat membantu tidur kamu lebih nyenyak. Jadi, mulai sekarang yuk konsumsi makanan sehat! Bahan-bahannya bisa kamu dapatkan di sini. Eitss, Healthy Choice juga punya banyak pilihan camilan sehat lho.

     

    Baca juga: 7 Makanan Sehat yang Bisa Memudahkan saat Melahirkan, Yuk Dikonsumsi Moms

    Baca juga: Pulihkan Tenaga Setelah Olahraga, Ini Manfaat Buah Pisang sebagai Makanan Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published